manfaat dan pengertian cutting sticker

Manfaat dan Pengertian Cutting Sticker

Manfaat dan Pengertian Cutting Sticker Cutting Sticker secara harfiah berasal dari kata cutting yang berarti potong . Jadi cutting sticker adalah sticker potong atau yang dibuat dengan cara memotong. Lebih jelasnya adalah sebuah teknik pemotongan bahan stiker sesuai dengan desain yang diinginkan, baik itu permainan warna solid (non gradasi) maupun corak dengan menggunakan perangkat mesin dan komputer sebagai media desain.

Manfaat dan Pengertian Cutting Sticker

Saat ini stiker telah populer dikalangan masyarakat, kisscut sticker tidak hanya digunakan untuk menghias barang pribadi saja tetapi juga telah difungsikan sebagai media promosi barang. Dalam dunia cetak stiker ada dua jenis nama yang banyak digunakan yaitu sticker printing. Apa perbedaan dari kedua jenis sticker ini?

Inilah Perbedaan Cutting Stiker dengan Stiker Printing

Kita sering menjumpai berbagai jenis cetak sticker yang beredar di masyarakat seperti diecut sticker pada motor atau pada label makanan. Semua kisscut stiker itu memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Ada dua jenis yaitu cutting sticker dan sticker printing. Berikut adalah perbedaan dari kedua nama ini:

Inilah penampakan bentung fisik sticker

  1. Bentuk fisik.
    Sticker printing merupakan jenis stiker yang dibuat dengan menggunakan teknologi digital sehingga hasil cetakannya seperti kertas biasa, sedangkan cutting cetak stiker merupakan jenis kisscut sticker yang dibuat dengan proses pemotongan sehingga hasil cetakannya berupa tulisan yang menonjol.
  2. Pembuatan desain.
    Proses pembuatan desain kedua sticker ini sangat berbeda, untuk pembuatan desain pada cutting sticker dibutuhkan bantuan titik-titik menyambung dan tidak berwarna agar proses pemotongan lebih presisi, sedangkan pada pembuatan desain stiker nama printing tidak membutuhkan bantuan titik-titik tetapi langsung berupa desain gambar utuh dan sudah dilengkapi dengan berbagai warna.
    Dalam pembuatan ukuran desain tulisan atau garis juga berbeda, dalam cutting diecut sticker sebaiknya hindari menggunakan desain tulisan atau garis dengan ukuran yang kecil karena hal ini dapat mengganggu proses pemotongan, tetapi dalam pembuatan desain stiker nama printing tidak ada masalah dengan ukuran desain yang kecil
  3. Harga.
    Dari segi harga, kedua jenis sticker ini sangat berbeda karena proses pembuatannya juga berbeda. Cetak printing lebih murah dari cutting karena dalam proses pembuatan cutting ada yang menggunakan cara manual di beberapa pengerjaan. Pekerjaan manual yang harus dilakukan dalam proses pembuatan cetak cutting adalah proses mengelupas bagian sticker yang tidak penting, proses ini membutuhkan kejelian dan ketelatenan biayanya lebih tinggi.
  4. Warna.
    Cutting sticker dan printing juga memiliki perbedaan pada warna. Untuk cetak printing tidak ada masalah untuk proses warna, semua warna dapat dicetak dengan printing. Namun untuk cutting diecut sticker berbeda, jenis ini tidak mampu membuat warna transparan karena metode cetak stiker ini menggunakan bahan fosfor atau sklotlait yang telah berwarna. Jadi jika Anda ingin memilikinya dengan berbagai variasi warna sesuai dengan selera dan keinginan maka sebaiknya gunakan diecut sticker printing.

Itulah beberapa informasi seputar perbedaan

Cutting sticker dan sticker printing, dari perbedaan itu maka dapat disimpulkan bahwa cetak cutting lebih awet dan tahan lama meskipun memiliki kekurangan pada warna. Semoga artikel ini dapat menjadi tambahan informasi bagi para pengguna stiker.

Kelebihan Cutting Sticker :

Dibandingkan dengan digital printing, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar.
Jenis sticker vinyl seperti ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bahkan memiliki ketahanan outdoor hingga 5 tahun,dibandingkan dengan sticker printing yang biasanya sudah mulai pudar tintanya setelah 1 tahun. Ini karena cutting sticker tidak menggunakan tinta/ ink sebagai pewarna sticker melainkan sticker sudah diberi pigmen warna permanen sejak dari proses produksi oleh pabrik.

Kekurangan Cutting Sticker :

Terbatas untuk warna-warna yang solid (non gradasi). Akan tetapi hal ini bisa disiasati dengan teknik gambar animasi, seperti menggunakan program Raster to Vector atau pakai CorelĀ®Trace, dll. Tentu saja tidak bisa langsung dipakai karena gambar harus dirapikan terlebih dahulu.

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!